Kamis, 05 Januari 2012

BAB.6 PEMASARAN


1.       Pengertian pasar dam pemasaran
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakan.
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
2.       Jenis-jenis pasar
Pada dasarnya pasar dibagi dalam beberapa golongan yaitu sebagai berikut :
1.       Berdasarkan Wujudnya
Menurut wujudnya pasar dibedakan menjadi pasar konkret dan pasar abstrak.
a.       Pasar Konkret (pasar nyata) merupakan pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secara langsung antara pembeli dan penjual. Misalnya pasar swalayan dan tradisional.
b.       Pasar Abstrak (tidak nyata) merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat diperoleh pembeli. Misalnya, pasar modal di bursa efek indonesia.
2.       Berdasarkan Waktu Terjadinya
Menurut waktu terjadinya pasar dibedakan menjadi pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan dan pasar temporer.
a.       Pasar Harian merupakan pasar  yang melakukan aktivitas setiap hari. Misalnya pasar pagi, dan warung-warung.
b.       Pasar Mingguan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Misalnya pasar senin dan pasar minggu.
c.       Pasar Bulanan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap bulan sekali.
d.       Pasar Tahunan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap tahun sekali. Misalnya pameran pembangunan
e.       Pasar Temporer merupakan pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tentu (tidak rutin) pasar ini biasanya terjadi pada peristiwa tertent. Misalnya bazar.
3.       Berdasarkan Luas Jangkauannya
Menurut Luas Jangkauannya pasar dibedakan menjadi pasar lokal, pasar nasional, dan pasar internasional.
a.       Pasar Lokal meruapakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah tertentu saja.
b.       Pasar Nasional merupakn pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli berbagai daerah atau wilayah dalam suatu negara.
c.       Pasar Internasional merupakan penjual dan pembeli dari berbagai negara.
4.       Menurut hubungan dengan proses produksi pasar dibedakan menjadi pasar output dan pasar input.
a.       Pasar Output merupakan pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi.
b.       Pasar Input merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai masukan pada suatu proses produksi .
5.       Berdasarkan struktur, pasar dibedakan menjadi sebagai berikut.
a.       Pasar persaingan sempurna merupakan sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
b.       Pasar persaingan tidak sempurna, yang terdiri atas :
-          Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat suatu penjual yang menguasai pasar.
-          Pasar oligopoli adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
-          Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
-          Pasar monopsoni merupakan pasar yang dapat dilihat dari segi permintaan atau pembelinya.
-          Pasar ologopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan bertindak sebagai konsumen.
3.       Konsep-konsep inti pemasaran
Konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli dalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Segala kegiatan perusahaan dibidang produksi, teknik, keuangan, dan pemasaran diarahkan pada usaha untuk mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskan keinginan tersebut dengan mendapatkan laba. Jadi, bagian pemasaran mempunyai peranan aktif sejak dimulainya proses produksi. Semua kegiatan perusahaan untuk menghasilkan dan menjual barang didasarkan pada masalah pemasaran.
Perusahaan yang menganut konsep pemasaran ini tidak hanya sekedar menjual barang saja, tetapi lebih dari itu, dimana perusahaan harus memperlihatkankonsumen beserta kebutuhannya. Secara definitif dapat dikatakan bahwa :
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasaan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran ini banyak di anut oleh perusahaan modern yang ingin mencapai laba jangka panjang dengan berorientasi kepada konsumen atau pasar.
4.       Manajemen pemasaran  
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
1.     Permintaan negatif
2.     Tidak ada permintaan
3.     Permintaan terpendam
4.     Permintaan menurun
5.     Permintaan yang tidak beratuaran
6.     Permintaan penuh
7.     Permintaan yang berlebihan
8.     Permintaan yang tidak sehat
Falsafah  Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan  sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.

5.       Bauran pemasaran
Merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
·         Tentang produk
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi dan keinginan konsumen.
·         Harga
Sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
·         Saluran distribusi
Salurang yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai kekonsumen atau pemakai industri.
·         Promosi
Merupakan salah satu variabel marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya. Promosi sering juga dikatakan sebagai “proses berlanjut” karena dapet menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan.

6.       Tujuan sistem pemasaran
-          Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.
-          Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.
-          Tingkat pilihan konsumen yang maksimum.
-          Kualitas hidup konsumen yang maksimum.

7.       Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
Pemasaran dapat di pelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :
·         Pendekatan serba fungsi (functional approach)
Jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan. Adapun fungsi pokok pemasaran adalah :
-          Penjualan merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju. Seperti periklanan, peragaan, dan sebagainya.
-          Pembelian bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga, pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.
-          Pengankutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsikan.
-          Penyimpanan merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.
-          Pembelanjaan adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.
-          Penanggung risiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
-          Standardisasi dan grading merupakan dua istilah yang agak berbeda meskipun ada juga persamaannya.
-          Pengumpulan informasi pasar fungsi ini termasuk pula pengumpulan dan penafsiran keterangan-keterangan tentang macam barang yang berada di pasar, jumlahnya, macam barang yang dibutuhkan konsumen, harganya, dan sebagainya.
·         Pendekatan Serba Lembaga
Mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
·         Pendekatan Serba Barang
Merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
·         Pendekatan Serba Manajemen
Mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan pada pendapat nanajer serta keputusan yang mereka ambil.
·         Pendekatan Serba Sistem
Mencangkup elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran, termasuk keempar pendekatan dimuka.

Sumber :
-           Basu Swastha, DH, SE, MBA, Pengantar Bisnis Modern, Liberty, Yogyakarta, 1993
-          Buku pengantar bisnis Pandji Anoraga, S.E, M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar